Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2455
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantu Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Swasta Bandung 1
Authors: Yani, Dely Winda
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Berbantu Media Audiovisual;hasil belajar Akuntansi Siswa
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah di kelas X Ak SMK Swasta Bandung 1 Tahun Pembelajaran 2016/2017. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakan ada pengaruh model Model Pembelajaran Inkuiri Berbantu Media Audiovisual terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak SMK Swasta Bandung 1 yang berjumlah 32 orang. Dan yang menjadi sampel adalah kelas X Ak SMK Swasta Bandung 1 yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 2 laki-laki dan 30 perempuan. Teknik pengambilan sampel adalah Total Sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pre-Eksperimental design dengan bentuk one group pretestposttest only design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Essay test terstruktur terdiri dari 10 soal yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantu Media Audiovisual yang sebelumnya 72,22 menjadi 87,03. Penelitian ini menggunakan uji Liliefors untuk mengetahui Normalitas data hasil belajar dan menggunakn uji F untuk mengetahui Homogenitas data. Pengujian hipotesis penelitian ini dilakukan dengan menggunakn uji “t” dua pihak dengan dk = N-1 pada α=0,05. Dari data diperoleh > yaitu 12,88 > ). Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan begitu dapat diambil kesimpulan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantu Media Audiovisual terhadap hasil belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Swasta Bandung 1 Tahun Pembelajaran 2016/2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2455
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.