Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2450
Title: PENGARUH FOKUS KEPADA PELANGGAN, PERBAIKAN SISTEM BERKESIBNAMBUNGAN, PELATIHAN DAN PENDIDIKAN TERHADAP EFISIENSI BIAYA PADA PDAM TIRTANADI PROVINSI SUMATERA UTARA
Authors: Sundari, Dewi
Keywords: Efisiensi Biaya;Fokus Kepada Pelanggan;Perbaikan Sistem Berkesinambungan,;Pelatihan Dan Pendidikan
Issue Date: 2019
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi adanya inkonsisteni dari penelitian-penelitian terdahulu mengenai fokus kepada pelanggan, perbaikan sistem berkesinambungan, pelatihan dan pendidikan terhadap efisiensi biaya yang menimbulkan kesenjangan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh fokus kepada pelanggan, perbaikan sistem berkesinambungan, pelatihan dan pendidikan terhadap efisiensi biaya pada PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian assosiatif. Penelitian ini dilakukan pada PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara. Populasi penelitian ini adalah membagikan kuesioner kepada seluruh kepala Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan kepala bagian disetiap cabang IPA. Data ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heterokedasitas. Dan pengujian hipotesis dengan uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa fokus kepada pelanggan, perbaikan sistem berkesinambungan, pelatihan dan pendidikan berpengaruh terhadap efisiensi biaya.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2450
Appears in Collections:Masters in Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DEWI SUNDARI 1720050004.pdf2.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.