Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24418
Title: KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 1 HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG
Authors: NATALITA, PESTA
Keywords: Profesionalisme;Kepemimpinan.
Issue Date: 26-Mar-2024
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 1 Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, Peran kepemimpinan Kepala Sekolah yang dapat meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 1 Hamparan Perak dan Kendala apa saja yang dihadapi Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 1 Hamparan Perak. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian dan kesimpulan adalah 1. Kepemimpinan kepala sekolah yang baik akan menghasilkan sebuah kinerja warga sekolah yang baik juga yang tentunya akan memengaruhi mutu pendidikan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang dilaksanakan sudah baik namun tetap masih dibutuhkan sebuah program dari kepala sekolah yang lebih baik untuk meningkatakan mutu profesionalisme guru di SMP Negeri 1 Hamparan Perak.. 2. Peran kepala sekolah SMPN 1 Hamparan Perak untuk meningkatkan profesionalisme guru sangatlah besar. Kepala sekolah memimpin dengan demokratis membuat para guru menjadi lebih nyaman dalam bekerja sehingga profesionalisme itu tercapai sebagai bukti banyaknya guru yang sudah mengampu pendidikan S2 berkat apresiasi kepala sekolah, kepala sekolah yang memonitoring segala program yang terlaksana dan dilihat lagi dari peminat siswa yang ingin masuk ke SMPN 1 Hamparan Perak merupakan bentuk bukti bahwa guru dan kepala sekolah menjadi kesatuan yang baik. 3. Kendala yang terjadi dalam kepemimpinan kepala SMPN 1 Hamparan Perak untuk meningkatkan profesionalisme guru adalah kurangnya waktu kepala sekolah memonitoring kegiatan, kemudian guru yang kurang memahami sintaks model/metode belajar inovatif dan fasilitas belajar yang masih belum lengkap.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24418
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS_PESTA NATALITA_2120060086.pdf3.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.