Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24396
Title: PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 064965 SIDODAME
Authors: SAGALA, MAHYUNI
Keywords: Keterampilan Berhitung;Metode Jarimatika;Pembelajaran matematika
Issue Date: 28-May-2024
Abstract: Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa pada pembelajaran matematika dengan penerapan metode jarimatika pada di kelas IV SD Negeri 064965 Sidodame. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas iv yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru wali kelas dengan peneliti. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari keberhasilan siswa dalam memahami keterampilan berhitung. Peningkatan dapat dilihat dari skor rata -rata keterampilan berhitung dari pratindakan sampai siklus II. Pada pratindakan, rata rata siswa memperoleh 65,5 dengan presentase 25%, pada siklus I memperoleh 69,5 dengan presentase 40% dan pada siklus II memperoleh 83,5 dengan presentase 80%. Peningkatan keterampilan berhitung siswa dengan penerapan metode jarimatika dari siklus I sampai siklus II sebanyak 8 siswa dengan sebesar 40%. Peningkatan lembar observasi aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus II sebanyak 8 siswa dengan sebesar 40%. Sedangkan lembar observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 83% dan aktivitas guru pada siklus II sebesar 96%
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24396
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FULL Masyaallah_Mahyuni Sagala (1) (1)(2).pdfFull Text5.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.