Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24359
Title: ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN PENYEBERANG MENGGUNAKAN PEDESTRIAN RISK INDEX (PRI) (STUDI KASUS PADA SISWA PENYEBERANG DI SMPN 2 KOTA BINJAI)
Authors: ZIDAN, RAMADHAN SYAHRUL ARI
Keywords: Tingkat Keselamatan;Pejalan Kaki;Konflik Lalu Lintas
Issue Date: 22-Feb-2024
Abstract: Dari hasil studi Institut Studi Transportasi (INSTRAN) didapatkan bahwa 65% kecelakaan dengan fatalitas tinggi dialami oleh pejalan kaki. Hal ini membuktikan bahwa keselamatan pejalan kaki sangat rendah dan sangat beresiko menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Dari data tersebut juga diketahui bahwa mayoritas korban kecelakaan adalah pejalan kaki yang menyeberang. Konflik lalu lintas telah terbukti efektif dalam meningkatkan keselamatan secara preventif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keselamatan penyeberang jalan berdasarkan tingkat risiko yang dinyatakan dengan Pedestrian Risk Index (PRI). Studi kasus dilakukan terhadap siswa pejalan kaki di SMPN 4 Kota Binjai. Data-data yang diperlukan dalam perhitungan Pedestrian Risk Index (PRI) didapatkan dari observasi lapangan, observasi dilakukan selama lima hari dari hari Senin sampai hari Minggu, dimana untuk pagi hari survei dilakukan dari jam 07.00 – 09.000, Siang hari 12.00 – 14.00 dan untuk sore hari dilakukan dari jam 17.00 – 19.00. Data dalam penelitian ini berupa data konflik lalu lintas yang didapatkan dari analisa hasil survei penyeberangan. Data dianalisis lebih lanjut untuk mendapatkan nilai Pedestrian Risk Index (PRI). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai PRI berdasarkan jenis penyeberangan dan jam penyeberangan, yaitu penyeberangan tunggal memiliki nilai PRI rata-rata lebih tinggi yaitu sebesar 74,58 daripada penyeberangan berkelompok dengan nilai PRI rata-rata sebesar 33,90. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyeberangan berkelompok memiliki tingkat keselamatan lebih tinggi dibandingkan dengan penyeberangan tunggal dan penyeberangan yang dilakukan pada sore hari memiliki tingkat keselamatan lebih tinggi dibandingkan dengan penyeberangan yang dilakukan pada pagi hari.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24359
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdfFull Text3.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.