Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2429
Title: Pengaruh Metode Penugasan Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Ak SMK Muhammadiyah 04 Medan
Authors: Wardiyani, Noni
Keywords: Metode Penugasan berbantuan Media Video;Hasil Belajar
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak 2 2 SMK Muhammadiyah 04 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penugasaan berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa kelas X Ak SMK Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 04 Medan yang beralamat di Jl. Medan Belawan KM.22,5 Komp. Masjid Raya Taqwa Belawan Bahari Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas yaitu X Ak1, X Ak2 dan X Ak3 yang berjumlah 104 siswa, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X Ak2 yang berjumlah 33 siswa teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pre-Eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest only design, instrument dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis berbentuk subjektif tes (essay), tes yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 butir item yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil analisis data pre test diperoleh mean 71,57 dan standar deviasi 8,91, sedangkan data post test diperoleh mean 83,52 dengan standart deviasi 6,84. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dari perhitungan hipotesis diperoleh nilai thitung = 7,448 dan nilai ttabel = 2,04 (Lampiran 16:97) dengan taraf signifikan α = 0,05 kriteria Ha diterima apabila thitung > ttabel dan Ho ditolak apabila thitung< ttabel. Dari data tersebut diperoleh thitung = 7,448 > ttabel = 2,04, itu artinya Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Metode Penugasan berbantuan Media Video terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada indikator membuat jurnal penyesuaian dan mengoreksi kesalahan pencatatan siswa kelas X Ak2 SMK Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2429
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.