Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2423
Title: PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH DAN KETERSEDIAAN ANGGARAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DAERAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Sumatera Utara)
Authors: Sri Wahyuni, Nunung
Keywords: Sistem Pengendalian Intern Pemerintah;Ketersediaan Anggaran;Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Keuangan Daerah;Kualitas Laporan Keuangan
Issue Date: 21-Mar-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) dan ketersediaan anggaran terhadap efektivitas penerapan sistem informasi keuangan daerah dan dampaknya terhadap kualitas laporan keuangan baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Objek pada penelitian ini adalah seluruh Pemerintah Daerah pada Provinsi Sumatera Utara. Sampling menggunakan metode sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pendistribusian kuesioner. Sedangkan teknik analisis data adalah analisis jalur dan data diproses menggunakan perangkat lunak statistik SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam sub-struktur 1, SPIP tidak berpengaruh terhadap efektivitas penerapan sistem informasi keuangan daerah. Sementara ketersediaan anggaran berpengaruh terhadap efektivitas penerapan sistem informasi keuangan daerah. Dan secara simultan SPIP dan ketersediaan anggaran berpengaruh terhadap efektifitas penerapan sistem informasi keuangan daerah. Selanjutnya dalam sub-struktur 2, secara parsial SPIP dan efektivitas penerapan sistem informasi keuangan daerah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan, sedangkan ketersediaan anggaran tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Tetapi secara simultan, SPIP, ketersediaan anggaran dan efektivitas penerapan sistem informasi keuangan daerah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2423
Appears in Collections:Masters in Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS NUNUNG SRI WAHYUNI.pdf3.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.