Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24087
Title: PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI GURU DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KOTA BINJAI
Authors: AHMAD NASUTION, RAUSIN
Keywords: Kepemimpinan Instruksional;Motivasi;Disiplin;Kinerja
Issue Date: 11-Jan-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru; (2) pengaruh motivasi guru terhadap kinerja guru; (3) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru; (4) pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah, motivasi guru, disiplin kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Binjai. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas/SMA Negeri di Kota Binjai. Terdapat 7 sekolah SMA Negeri di kota Binjai. Penelitian dilakukan dalam kurun waktu Juni 2023 sampai dengan Agustus 2023. Untuk menganalisis data dan informasi yang diperlukan, maka penulis menggunakan teknik data dimana digunakan pengujian hipotesis setelah melalui tahapan-tahapan seperti menyebarkan angket. Untuk menguji kualitas angket mengunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif, yakni menggunakan perhitungan angka-angka kemudian menarik kesimpulan dari pengujian tersebut, dengan sampel sebanyak 84 orang. Didapat hasil penelitiannya adalah ada pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan intruksional dengan kinerja guru. Artinya semakin tinggi dan positif kepemimpinan intruksional maka semakin tinggi dan positif kinerja guru SMA Negeri Kota Binjai hal ini didapat berdasarkan nilai Signifikannya sebesar 0,014 dan dapat diprediksi dalam meningkatkan kinerja guru. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru. artinya semakin tinggi dan positif motivasi kerja maka semakin tinggi dan positif kinerja guru SMA Negeri kota Binjai. Hal ini berdasarkan nilai Signifikasi yang diperoleh sebesar 0.022 diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variabel motivasi kerja dan dapat diprediksi dalam meningkatkan kinerja guru. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin kerja dengan kinerja guru. Artinya semakin tinggi dan positif disiplin kerja maka semakin tinggi dan positif kinerja guru SMA Negeri kota Binjai hal ini diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variabel disiplin kerja sebesar 0.039 dari nilai Signifikannya dan dapat diprediksi dalam meningkatkan kinerja guru. Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama kepemimpinan instruksional, motivasi guru dan disiplin kerja yang mana dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan instruksional, motivasi guru dan disiplin kerja jika semakin tinggi dan positif kinerja guru dengan memberikan sumbangan pengaruh sebesar kepemimpinan instruksional, motivasi guru dan disiplin kerja secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap variabel kinerja guru di SMA Negeri Kota Binjai sebesar 88,6% dan 11,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya hal ini bermakna bahwa adanya pengaruh kinerja guru dapat di diprediksi ketiga variabel bebas tersebut.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24087
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS RAUSIN AHMAD NASUTION 2020060113.pdf4.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.