Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24032
Title: PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTSN PEMATANG SIANTAR
Authors: Rezaldy Azhary, Irvan
Keywords: Discovery Learning;Hasil Belajar sejarah kebudayaan islam
Issue Date: 25-Apr-2024
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang aktifnya siswa pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, yang disebabkan karena kurang tepatnya guru dalam memilih strategi pembelajaran yang digunakan, sehingga menyebabkan siswa merasa jenuh pada saat proses pembelajaran berlangsung yang membuat hasil belajar siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis eksperimen. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada siswa MTSN Pematangsiantar sebanyak 25 orang diambil dengan teknik quasi exsprimental design atau non random sampling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan strategi pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan islam pada siswa MTSN Pematangsiantar. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh hasil dari korelasi product moment adalah rxy = 0,838 yang berari ada korelasi yang cukup tinggi dan Hipotesis Alternatif (Ha): ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar Sejarah kebudayaan islam pada siswa kelas VII di MTSN Pematangsiantar diterima. Persentase kenaikan nilai adalah 83,8% sehingga dapat dikatakan dalam kategori baik. Kesimpulannya adalah pengaruh yang siginifikan penerapan strategi pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan islam
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24032
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi rezaldy revisi sidang.pdf1.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.