Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23993
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN RESPONSIBILITY SISWA SMA N 1 RANTAU UTARA
Authors: SAFIRA HUTABARAT, DINA
Keywords: model kooperatif;TGT;contextual teaching and learning
Issue Date: 28-Feb-2024
Abstract: Dalam proses pembelajaran saat ini perlu dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru. Guru sangat berperan penting dalam menerapkan model pembelajaran yang digunakan. Dalam hal ini yang penting adalah pemilihan model pembelajaran yang tepat karena akan berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa sehingga hasil belajar yang diiginkan pun dapat tercapai secara maksimal dan memenuhi standar penilaian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Responsibility Siswa SMA N 1 Rantau Utara? Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap KemampuanPemecahan Masalah Dan Responsibility Siswa SMA N 1 Rantau Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian prestest dan postest. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 rantau utara di kelas X yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-d dan kelas X-e dengan jumlah 66 orang siswa. Kelas X-d diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dan kelas X-e diajar dengan menggunakan pembelajaran contextual teaching and learning. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar pada pokok bahasan baris dan deret dalam bentuk essay. Untuk mengetahui hipotesis digunakan uji t berpasangan. . Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t berpasangan ( simple paired test) , dan berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Responsibility Siswa SMA N 1 Rantau Utara.dengan hasil nilai sig (2-tailed). Sebesar 0,001 < 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil pemecahan masalah pada data postest.kemudian hasil nilai sig (2- tailed) sebesar 0,001 < 0,05 terdapat pengaruh responsibility terhadap model pembelajaran kooperatif dan model contextual teaching and learning. jadi hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap KemampuanPemecahan Masalah Dan Responsibility Siswa SMA N 1 Rantau Utara, dengn rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning lebih tinggi dari rata- x rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Contextual Teaching And Learning.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23993
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS DINA SAFIRA HUTABARAT 2120070007.pdf8.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.