Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23966
Title: IMPLEMENTASI METODE ILMAN WARUHAN PADA MATA PELAJARAN TAHFIZ AL-QUR’AN DI SMP IT AL-HIJRAH
Authors: TAR, MIZI
Keywords: Implementasi Metode Ilman Waruhan;Pelajaran Tahfiz Al-Qur‟an
Issue Date: 14-May-2024
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran tahfizul Qur‟an dengan menggunakan metode Ilman Waruhan di SMP IT AlHijrah, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program tahfizul AlQur‟an serta evaluasi dalam pembelajaran tahfizul Al-Qur‟an menggunakan metode ilman waruhan di SMP IT Al-Hijrah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pendekatan studi kasus di SMP IT Al-Hijrah.Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh tersebut peneliti menggunakan analisis deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan apa adanya hasil temuan di lapangan terkait pelaksanaan program tahfidz al-Qur‟an di SMP IT Al-Hijrah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pelaksanaan program tahfidz Al-Qur‟an di SMP IT Al-Hijrah sudah mengimplementasikan program tahfidz al-Qur‟an sejak tahun 2011.Semua siswa diwajibkan untuk mengikuti program tahfidz yang diadakan oleh sekolah.Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program tahfizul Al-Qur‟an di SMP IT Al-Hijrah dalam implementasi metode ilman waruhan dalam mata pelajaran tahfiz al-Qur‟an yaitu faktor visi dan misi dari sekolah SMP IT Al-Hijrah, faktor lembaga pembelajaran al-Qur‟an, dan program al-Qur‟an camp.Faktor penghambat dalam pelaksanaan program tahfidz al-Qur‟an di SMP IT Al-Hijrah yaitu pembelajaran al-Qur‟an sebelumya dan kurangnya kerjasama orang tua. Evaluasi yang dilakukan oleh koordinator tahfidz al-Qur‟an dan guru tahfidz adalah meliputi beberapa aspek kehadiran, tahsin, ketercapaian target hafalan dan kendala serta solusi pada program tafidz al-Qur‟an di SMP IT Al-Hijrah.Untuk evaluasi program tahfidz Al-Qur‟an di SMP IT Al-Hijrah terdiri dari evaluasi harian, ada evaluasi yang dilakukan per tiga bulan dan per semester. Ketika siswa sudah selesai satu surat maka dia menyetorkan keseluruhan ayat dalam surat itu, dari ayat pertama hingga akhir di hadapan pembimbing masing-masing. Kemudian jika sudah selesai satu juz, siswa diuji oleh koordinator tahfidz untuk ditentukan apakah dia layak untuk melanjutkan hafalannya ke juz berikutnya.Adapun ujian semester dilakukan selama satu pekan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23966
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI TARMIZI -1701020101.pdf5.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.