Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23941
Title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 067093 MEDAN
Authors: LIZA, AFNI
Keywords: Bahan Ajar Berbasis Etnosains;Model Pengembangan ADDIE
Issue Date: 30-May-2024
Abstract: Tujuan Penelitian ini yaitu untuk : (1) Mengetahui tingkat kevalidan bahan ajar berbasis Etnosains pada pembelajaran IPA. (2) Mengetahui tingkat kepraktisan bahan ajar berbasis Etnosains pada pembelajaran IPA. (3) Menghasilkan bahan ajar berbasis Etnosains pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE yang terdapat 5 tahapan yaitu : (1) Tahap Analisis (Analysis),(2) Tahap Desain (Design),(3) Tahap Pengembangan (Development), (4) Tahap Implementasi (Implementation) dan (5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Hasil dari penelitian ini menghasilkan bahan ajar berbasis Etnosains pada pembelajaran IPA. Berdasarkan validasi materi terhadap bahan ajar berbasis Etnosains memperoleh nilai 97%, Hasil validasi desain memperoleh nilai 98%, Hasil validasi bahasa memperoleh nilai 89%. Artinya bahwa bahan ajar berbasis Etnosains pada pembelajarab IPA termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil kepraktisan terhadap bahan ajar berbasis Etnosains pada respon guru diperoleh ratarata 90% dan untuk respon siswa diperoleh rata-rata 93% artinya bahan ajar berbasis Etnosains termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Etnosains pada pembelajaran IPA Siswa Kelas V UPT SD Negeri 067093 Medan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23941
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI LIZA AFNI 2002090051.pdfFull Text10.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.