Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23937
Title: Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 36 Medan
Authors: ADINDA, AISYAH AULIA
Keywords: Keterampilan Berbicara Siswa;Model Think Pair Share
Issue Date: 12-Feb-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi Think Pair Share (TPS) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 36 dari segi hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari langkah perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Tindakan pada penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Melalui penggunaan model pembelajaran think pair share siswa diajak untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Setelah itu siswa juga diajarkan untuk bekerja sama dengan teman sekolompoknya. Setelah menggunakan model think pair share keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa indonesia meningkat, sesuai hasil yang diperoleh dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I masih menggunakan langkah-langkah pembelajaran direct instruction (model pembelajaran langsung) persentase keterlaksanaan model direct instruction (model pembelajaran langsung) mendapatkan persentase 42,8% pada keterampilan berbicara siswa. Pada siklus II persentase keterlaksanaan model think pair share mendapatkan persentase 92% pada keterampilan berbicara siswa. Persentase keterlaksanaan model think pair share mencapai 100% pada aktivitas guru (peneliti) dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23937
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRPSI ADINDA.pdfFull Text23.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.