Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23933
Title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS V SD NEGERI LAWE SEMPILANG KEC LAWE ALAS KAB. ACEH TENGGARA TAHUN AJARAN 2023/2024
Authors: TANJUNG, RICKA ANGGRAYNI
Keywords: Metode Pembelajaran;Hasil Belajar
Issue Date: 22-May-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaran (PKN) di SD Negeri Lawe Sempilang. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keaktifan siswa dan guru yang mengunakan metode pembelajaran yang konvensional. Oleh sebab itu proses belajar siswa menjadi pasif. Dengan mengunakan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini di lakukan dengan dua siklus. Siklus pertama di lakukan pada tanggal 12 september 2023. Siklus kedua di lakukan pada tanggal 19 september. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lawe Sempilang, yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melaui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran Role Playing lebih rendah dibandingkan nilai rata-rata siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Role Playing. Nilai rata-rata pre-test sebelum adanya perlakuan di peroleh sebesar 60 dibandingkan nilai rata-rata post-test sesudah adanya perlakuan menggunakan metode pembelajaran Role Playing sebesar 68,23 pada siklus I sedangkan pada siklus II nilai rata-rata post-test sebesar 75,29. Dari penelitian tersebut menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan metode pembelajaran Role Playing dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas V SD Negeri Lawe Sempilang
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23933
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_IKAFIX.pdfFull Text2.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.