Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23928
Title: PENGGUNAAN PENDEKATAN STEAM BERBAHAN LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELAS B DI RA AL-AKBAR TANJUNG MORAWA
Authors: NINGSIH, DWI ANDRIA
Keywords: pendekatan STEAM berbahan Loose Parts;meningkatkan aspek kognitif anak
Issue Date: 22-Oct-2023
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan penggunaan STEAM berbahan Loose Parts belum maksimal, kata Loose Parts belum familiar, kegiatan pembelajaran berpusat pada guru dan kemampuan berfikir anak belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan pendekatan STEAM berbahan Loose Parts untuk meningkatkan aspek kognitif anak kelas kelas B di RA Al-Akbar Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ini dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan pendekatan penggunaan STEAM berbahan Loose Parts dalam meningkatkan aspek kognitif anak kelas B pada lingkup perkembangan belajar dan pemecahan masalah, berfikir logis dan simbolik di RA Al-Akbar Tanjung Morawa sudah berhasil diterapkan, dibuktikan anak mampu berfikir kritis untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan penggunaan teknologi. Dari data penilaian pencapaian perkembangan kognitif anak, terdapat peningkatan sebesar 16,65 %. Data sebelum penelitian, meliputi 13,3 % anak BB , 40,0 % anak MB, ada 26,7 % anak BSH dan ada 20,0 %anak BSB. Data setelah penelitian prosentasinya menjadi 6,7% anak BB, 13,3% MB, 40,0% BSH, 40,0% BSB. Kata Kunci: STEAM, Loose Parts, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23928
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_DWI ANDRIA NINGSIH_1901240013.pdfFull Text3.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.