Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran yang dilakukan
dengan pendekatan penggunaan STEAM berbahan Loose Parts belum maksimal,
kata Loose Parts belum familiar, kegiatan pembelajaran berpusat pada guru dan
kemampuan berfikir anak belum maksimal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan pendekatan
STEAM berbahan Loose Parts untuk meningkatkan aspek kognitif anak kelas
kelas B di RA Al-Akbar Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ini dilakukan dengan
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pelaksanaan pendekatan penggunaan STEAM berbahan Loose Parts dalam
meningkatkan aspek kognitif anak kelas B pada lingkup perkembangan belajar
dan pemecahan masalah, berfikir logis dan simbolik di RA Al-Akbar Tanjung
Morawa sudah berhasil diterapkan, dibuktikan anak mampu berfikir kritis untuk
menyelesaikan masalah sehari-hari dengan penggunaan teknologi. Dari data
penilaian pencapaian perkembangan kognitif anak, terdapat peningkatan sebesar
16,65 %. Data sebelum penelitian, meliputi 13,3 % anak BB , 40,0 % anak MB,
ada 26,7 % anak BSH dan ada 20,0 %anak BSB. Data setelah penelitian
prosentasinya menjadi 6,7% anak BB, 13,3% MB, 40,0% BSH, 40,0% BSB.
Kata Kunci: STEAM, Loose Parts, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini.