Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23921
Title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA MELALUI MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 36 MEDAN
Authors: MELATI, AGUSTINE
Keywords: Menyimak Cerita;Animasi Audio Visual
Issue Date: 12-Feb-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menyimak cerita dengan menggunkan media audio visual pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 36 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 36 Medan. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) tes, dan 2) observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan mencari rerata dan mendeskripsikan hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan proses dan hasil belajar menyimak cerita kelas IV SD Muhammadiyah 36 Medan. Peningkatan keterampilan menyimak cerita dengan menggunakan media animasi audio visual pada siklus I berada dalam kategori kurang yaitu dari 28 siswa hanya 13 siswa atau 46,43% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 67,50. Meningkat menjadi kategori baik pada siklus II yaitu 24 siswa atau 85,71% dari 28 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan nilai ratarata yang diperoleh sebesar 86,43. Terjadi pula peningkatan hasil observasi proses pembelajaran menyimak cerita siswa kelas IV SD Muhammadiyah, hasil nilai observasi rata-rata mencapai 62,5 pada siklus I meningkat menjadi 92,5 pada siklus II.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23921
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_MELATI AGUSTINE.pdf1.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.