Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23893
Title: PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI KELAS III SDN 065005 MEDAN
Authors: SYAFITRI, ANGGRAINI
Keywords: Keterampilan;IPS;Media Video Animasi
Issue Date: 6-May-2024
Abstract: Keterampilan sosial adalah kemampuan seseorang untuk menangani emosi dengan baik ketika berhubungan dengan orang lain dan dengan cermat membaca situasi dan jaringan sosial.. Berdasarkan hasil prasurvey yang dilakukan pada bulan Desember 2022 di SDN 065005 Medan terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS diperoleh data bahwa ketrampilan sosial siswa di kelas III masih rendah. Sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa, dan siswa akan kurang aktif dalam proses pembelajaran atau siswa sering melakukan kegiatan-kegiatan lain ketika proses pembelajaran sedang berlangsung. Siswa juga sering keluar masuk kelas, serta masih kurangnya keseriusan dalam belajar dan kurangnya keberanian dalam mengemukakan pendapat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana keterampilkan sosial siswa pada mata pelajaran IPS sebelum menggunakan media video animasi pada kelas III SD 065005 Medan keterampilan sosial siswa sebelum diterapkan media animasi terdapat 8 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 27% dan siswa yang tidak tuntas 22 siswa dengan persentase ketuntasan 73%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70. Pada siklus I terdapat 18 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 60%, dan siswa yang tidak tuntas 12 siswa dengan persentase ketuntasan 40%, berarti ada peningkatan tindakan di siklus I sebanyak 10 siswa, sedangkan siklus II hasilnya mengalami peningkatan lagi yaitu meningkat terdapat 28 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 93%, dan siswa yang tidak tuntas 2 siswa dengan persentase 7%. Dengan demikian ada peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebanyak 10 siswa. Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23893
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI BARU 20 JUNI SYAFITRI ANGGRAINI baru.pdf8.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.