Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23853
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CYCLE 5 E BERBANTUAN MEDIA LUCKY DRAW TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS V UPT SPF SDN 101808 CANDIREJO
Authors: ATIKA KHAIRUL, NISA
Keywords: Model Pembelajaran Cycle 5 E;Keterampilan Berpikir Kritis
Issue Date: 14-May-2024
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa kelas V UPT SPF SDN 101808 Candirejo dalam proses pembelajaran berlangsung, hal ini disebabkan oleh kurang tepatnya guru dalam memilih model pembelajaran, sehingga siswa merasa jenuh dan kurang memahami makna dari pembelajaran tersebut, khususnya pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kirtis IPA siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas V UPT SPF SDN 101808 Candirejo yang terdiri dari satu kelas. Pengambilan sampel meggunakan teknik sampling jenuh, dimana seluruh populasi yaitu 26 siswa dijadikan sebagai sampel. Variabel bebas (X) dari penelitian ini adalah model pembelajaran Cycle 5 E, variabel terikat (Y) adalah keterampilan berpikir kritis IPA siswa. Pengujian hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test yang didahului dengan uji validitas dan reliabilitas pada instrument. Hasil penelitian ini diuji menggunakan uji, yaitu mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,001. Berarti < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat ”Pengaruh Model Cycle 5 E terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V UPT SPF SDN 101808 Candirejo”.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23853
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_ATIKA KHAIRUL NISA_2002090320.pdf4.47 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.