Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23734
Title: PENGEMBANGAN B-TUBE PADA PEMBELAJARAN STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
Authors: RAMADHANNY SIMANGUNSONG, ALFAUZAN
Keywords: B-Tube;Media Pembelajaran Digital;Hasil Belajar Matematika
Issue Date: 7-May-2024
Abstract: Penelitian pengembangan ini dilangsungkan dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran digital dengan cara mengombinasikan dua media publikasi dan platform digital yakni web-blog dan YouTube (B-Tube) sebagai inovasi media pembelajaran statistika untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini juga dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kevalidan atau validitas produk B-Tube, kepraktisan produk B-Tube, dan efektifitas peningkatan hasil belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui pembelajaran menggunakan produk pengembangan B-Tube. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model penelitian pengembangan Level 1 oleh Sugiyono. Subjek dari penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Mutiara tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah sebanyak 28 siswa. Jenin data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Instrumen penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, ahli materi dan ahli bahasa, angket respon pengguna oleh guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kombinasi Blog dan YouTube (B-Tube) sebagai produk penelitian pengembangan ini dinyatakan valid atau valid digunakan, praktis dan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Berdasarkan analisa hasil akhir pengujian B-Tube sebagai produk penelitian pengembangan ditunjukkan bahwa ahli media memberi skor 4.592 dengan kategori sangat valid, ahli materi sebesar 4.27 dengan kategori valid dan ahli bahasa sebesar 4.567 dengan kategori sangat valid. Sedangkan berdasarkan respon pengguna guru dan siswa menunjukkan persentase kepraktisan sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Hingga uji efektifitas peningkatan hasil belajar menggunakan N-Gain dalam penelitian menunjukkan hasil N-Gain Skor sebesar 0.71 atau N-Gain (%) sebesar 71.07 dengan kriteria peningkatan hasil belajar tinggi berdasarkan kriteria N-Gain menurut Melzer.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23734
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis _ Alfauzan Ramadhanny Simangunsong_222007006_Magister Pendidikan Matematika_2024.pdf37.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.