Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2372
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBr. Sembiring, Dina Giwa Ferbina-
dc.date.accessioned2020-03-10T09:49:08Z-
dc.date.available2020-03-10T09:49:08Z-
dc.date.issued2018-02-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2372-
dc.description.abstractPermasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kepercayaan diri siswa dalam mengeluarkan pendapat dan bergaul dengan teman-teman lainnya. Dan untuk meningkatkan kemandirian siswa melalui layanan konseling individu di SMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL. Penelitian ini adalah penelitian tindakan layanan dengan pendekatan deskriftif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti bekerjasama dengan Guru BK, dan Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 4 orang siswa di SMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL yang kurang mandiri dalam belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan layanan konseling individu kepada siswa sesuai dengan pedoman dan tatacara pelaksanaan layanan konseling individu. Pelaksanaan layanan konseling individu disesuaikan dengan materi atau jenis masalah yang dialami siswa. Pelaksanaan layanan konseling individu yang diberikan memberikan peran pada siswa terutama dalam pembinaan pribadi. Layanan konseling individu yang diberikan kepada siswa untuk membantu dalam meningkatkan kemandirian diri ketika bergaul, beraktivitas bersama teman-teman di lingkungan sekolah dan di luar sekolah. Dengan demikian layanan konseling individu dapat meningkatkan kemandirian siswa kelas VIII SMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL Tahun pembelajaran 2017/2018, dengan catatan dilakukan secara teratur,sistematis, serta terarah.en_US
dc.subjectKemandirianen_US
dc.subjectKonseling Individuen_US
dc.titleMeningkatkan Kemandirian Melalui Konseling Individu Pada Siswa Kelas VIII SMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGALen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.