Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23714
Title: KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SD SWASTA SEJAHTERA KELURAHAN TERJUN KECAMATAN MEDAN MARELAN KOTA MEDAN
Authors: ARTINA, SERI
Keywords: Kepemimpinan Manajerial;Kepala Sekolah
Issue Date: 20-Mar-2024
Abstract: Judul penelitian adalah kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di SD Swasta Sejahtera Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan Kota Medan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian adalah di SD Swasta Sejahtera Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan Kota Medan. Subjek Penelitian adalah kepala sekolah SD Swasta Sejahtera. Metode pengumpulan data adalah pengamatan partisipasif, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kepemimpinan manajerial kepala sekolah di SD Swasta Sejahtera sudah baik ditandai dengan adanya proses perencanaan dimana kepala sekolah sudah berkolaborasi dengan semua pihak mengenai perencanaan perangkat pembelajaran, pengorganisasian dimana kepala sekolah melakukan berbagai program berupaya untuk meningkatkan kualitas guru, pengkoordinasian dimana kepala sekolah selalu berkoordinasi dengan komite sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan, siswa dan orangtua siswa, masyarakat dan pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan. Strategi kepemimpinan manajerial yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di SD Swasta Sejahtera adalah dengan menggunakan keterampilan konseptual (Conceptual Skills), Keterampilan teknikal (Technical Skills) dan Keterampilan Hubungan Manusia (Human Skills).
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23714
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS SERI ARTINA.pdf2.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.