Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23698
Title: IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN LULUSAN (STUDI DI PESANTREN MODREN NURUL HAKIM TEMBUNG – DELI SERDANG )
Authors: IBRAHIM
Keywords: Manajemen;Kurikulum;lulusan
Issue Date: 26-May-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen kurikulum terpadu dalam mencapai keunggulan lulusan di Pesantren Modren Nurul Hakim Tembung-Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriktif. Instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. objek penelitian ini adalah Direktur Pesantren, Kepala Madrasah Aliyah, Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum dan guru pembimbung. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan kurikulum terpadu Pesantren Modren Nurul Hakim Tembung dalam mencapai keunggulan lulusan diawali dengan penentuan Visi dan Misi, strategi lembaga, dan output lembaga. Penentuan visi dan misi, tujuan lembaga disusun berdasarkan musyawarah Direktur Pesantren, Kepala Madrasah Aliyah, Wakil Kepala Madrasah, dan Perwakilan Dewan Guru dengan mengutamakan konsep keunggulan lulusan. (2) Pelaksanaan manajemen kurikulum terpadu Pesantren Modren Nurul Hakim Tembung adalah intregasi kurikulum dengan perbandingan 50 % kurikulum Madrasah dan 50 % kurikulum pesantren. Pelaksanaan manajemen kurikulum terpadu terdiri atas intra-kurikuler, ko-kurikuler dan ekstrakurikuler. Intra kurikuler berisi tentang ilmu-ilmu keislaman, ilmu-ilmu bahasa arab, dan ilmu-ilmu umum, Ko-kurikuler berisi tentang ibadah amaliyah, extensive learning, praktik dan bimbingan, dan ektrakurikuler dilaksanakan di luar sekolah oleh pengurus organisasi santri. (3) Evaluasi manajemen kurikulum terpadu Pesantren Modren Nurul Hakim Tembung terdiri atas tiga evaluasi yaitu evaluasi struktur organisasi, evaluasi Sumber Daya Manusia, dan Evaluasi Pembelajaran untuk menggapai keunggulan lulusan. Evaluasi dilakukan apabila output lulusan dan perkembangan santri tidak mempunyai hasil yang siqnifikan. (4) Untuk menggapai keunggulan lulusan pesantren modren nurul hakim diperlukan dukungan direktur yayasan, kualitas guru, siswa, kurikulum, dan manajemen pembelajaran. Prestasi lulusan dibekali dengan bimbingan keagamaan, bimbingan bahasa asing dan belajar tambahan untuk lulusan yang ingin melanjut ke Perguruan Tinggi Timur tengah dan Perguruan Tinggi Negri.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23698
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS IBRAHIM 2020060043.pdf1.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.