Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23695
Title: KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH ACEH SINGKIL
Authors: KOMBIH, MULYADI
Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah;MBS
Issue Date: 30-Mar-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil. Dimana jenis penelitian ini penelitian kualitatif serta tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perecanaan Manajemen Berbasis Sekolah yang dilakukan di SMA Negeri 1 Gunung Meriah dilakukan secara tersusun dan terencana dengan baik telah memenuhi standar yang telah ditentukan dalam pembuatan program kerja sekolah. Selain itu program kerja tahunan dan program semester yang telah dijalankan pada proses pembelajaran dilaksanakan berdasarkan dengan program perencanaan yang telah disusun sebelumnya. Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 1 Gunung Meriah meliputi : rencana pengembangan sekolah, manajemen kurikulum, manajemen proses belajar mengajar, manajemen kesiswaan, dan manajemen tenaga pendidik dan kependidikan. Pengevaluasian Manajemen Berbasis Sekolah pada SMA Negeri 1 Gunung Meriah berfungsi sebagai tolak ukur menentukan kebijakan SMA Negeri 1 Gunung Meriah di masa yang akan datang. Dari hasil evaluasi tersebut maka akan dapat diperoleh tingkat keberhasilan dan kegagalannya, sehingga dapat memperbaiki kinerja program yang akan datang. Di samping itu evaluasi juga sangat berguna sebagai bahan masukan bagi sekolah untuk merumuskan sasaran (tujuan) peningkatan manajemen berbasis sekolah untuk tahun yang akan datang. Kepemimpinan instruksional kepala sekolah di SMA Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil terbukti efektif. Upaya yang dilakukan mampu memberikan dampak positif terutama dalam pengembangan kompetensi mengajar guru dan menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif. Kepemimpinan instruksional yang kuat menjadi faktor ensensial dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23695
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis Mulyadi kombihm .pdf1.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.