Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2368
Title: Pengaruh Intensitas Layanan Informasi Sosial Terhadap Kedisiplinan Belajar Pada Siswa di SMA SWASTA UISU MEDAN
Authors: Desky, Orin Naida
Keywords: Intensitas Layanan Informasi;Kedisiplinan Belajar
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh intensitas layanan informasi sosial terhadap kedisiplinan belajar pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan pengaruh intensitas layanan informasi sosial terhadap kedisiplinan belajar pada siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu mengetahui hubungan variabel bebas (intensitas layanan informasi sosial ) dan variabel terikat (Kedisiplinan belajar). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket tertutup.Instrument penelitian yang digunakan adalah berupa angket yang berisi 35 pernyataan yang terdiri 12 item angket layanan informasi sosial dan 23 item angket kedisiplinan belajar. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta UISU Medan yang berjumlah 57 siswa yang terdiri atas dua kelas. Hasil analisis korelasi termasuk dalam kategori interpretasi cukup, mengemukakan ada hubungan positif antara layanan informasi dengan kedisiplinan belajar, rhitung 0,406 rtabel 0,361 dan hal ini dapat dipahami bahwa ℎ > atau 0,406 > 0,361, berari ada hubungan antara variabel X dan Variabel Y. Sedangkan nilai uji ℎ sebesar 2,238 dan 2,048 hal ini menunjukkan adanya hubungan signifikan antara layanan informasi sosial dengan kedisiplinan belajar karena thitung > ttabel atau 2,238 > 2,048 . Ternyata (thitung > ttabel ) maka Ha diterima dan Ho di tolak, sehingga ada pengaruh intensitas layanan informasi sosial terhadap kedisiplinan belajar pada siswa di SMA Swasta UISU Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2368
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.