Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23634
Title: PENGEMBANGAN THEMATIC SPINNING WHEEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS V SD NEGERI 104313 SARANG PUAH
Authors: ADELIA
Keywords: Media Thematic Spinning Wheel;Pembelajaran Tematik
Issue Date: 7-Dec-2023
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang terciptanya daya tarik peserta didik pada pembelajaran tematik. Hal tersebut diketahui dari hasil wawancara guru kelas V, bahwa pendidik hanya memanfaatkan sumber dan media pembelajaran yang minim berupa buku paket dan media sederhana. Maka dari itu diperlukan pengembangan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan daya tarik peserta didik yaitu berupa media visual yang kreatif dan inovatif. Media thematic spinning wheel merupakan media pembelajaran edukasi yang dapat memacu peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian yang terlibat antara lain validator ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa serta respon peserta didik dan guru. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kelayakan menggunakan skala likert dengan kategori yang disusun dalam bentuk cheklist. Analisis data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis kevalidan, media pembelajaran thematic spinning wheel dapat dikategorikan sangat valid. Hasil persentase media pembelajaran dari ahli media 98%, Hasil persentasi dari ahli materi 95% dan hasil persentasi dari ahli bahasa 96%. Hasil uji coba respon perserta didik diperoleh persentase 90% dengan kategori sangat praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran tematik sedangkan dari respon guru diperoleh persentase 96% dengan kategori sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23634
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdfFull Text8.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.