Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23623
Title: EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DAN NUMERASI DALAM BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD NEGERI 028289 BINJAI UTARA KOTA BINJAI
Authors: SUGANDI, FEBE
Keywords: Budaya Literasi;Budaya Numerasi;berfikir kritis;pembelajaran tematik
Issue Date: 12-Jan-2024
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi literasi dan numerasi dalam berfikir kritis siswa pada pembelajaran tematik siswa di kelas V. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif tipe embedded, yakni pendekatan kualitatif sebagai metode primer dan kuantitatif sebagai metode sekunder. Responden penelitian yakni kepala sekolah, guru dan siswa SD Negeri 028289 Binjai Utara. Alat pengumpulan data Wawancara observasi, dokumentasi dan test. Hasil penelitian implementasi budaya literasi dan numerasi pada pembelajaran tematik. Maka penelitian untuk siswa kelas V sudah dilakukan persiapan, pihak sekolah merasa ada kekurangan karena siswa kurang berfikir kritis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Beberapa kegiatan dilakukan agar siswa dapat melakukan literasi dan numerasi dengan baik dengan berfikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara pelaksanaan gerakan literasi dan numerasi di sekolah dengan peningkatan berfikir kritis peserta didik di SD Negeri 028289 Binjai Utara tahun pelajaran 2021/2022 dengan metode snow ball throwing, Visit Gallery walk dan pojok baca dengan pohon literasi. Dari hasil penelitian terdapat interval 74-84 dengan presentasi 13% sebanyak 4 orang kategorinya tinggi dan interval 85-100 dengan presentasi 85% sebanyak 26 orang kategorinya Artinya semakin baik pelaksanaan literasi dan numerasi di sekolah akan semakin efektif peningkatan berfikir kritis siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23623
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS FEBE SUGANDI 2020060124.pdf6.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.