Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2361
Title: Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Authors: Prastika, Yuli
Keywords: Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok;Efektivitas Belajar
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah efektivitas belajar dapat ditingkatkan dengan memberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X TSM SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Permasalahan selalu ada dalam kehidupan, siswa yang kurang mampu mengendalikan diri dan menyampaikan pendapat dengan baik, terutama dalam proses belajar mengajar, kurang mampu tanggap terhadap pertanyaan-pertanyaan dikelas, takut untuk mengungkapkan permasalahan dikelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa kelas X TSM SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TSM berjumlah sebanyak 60 siswa dan objeknya adalah 10 siswa. Adapun istrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara yang sesuai dengan penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan efektivitas belajar. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan mengambilkan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan efektivitas belajar sudah diterapkan sering pembiasaan siswa dalam proses belajar di kelas. Dengan adanya layanan tersebut, masalah anak yang mengalami ketidak efektivitas belajar sudah mulai mampu untuk suasana yang memang tidak kondusif dan mulai membiasakan diri untuk belajar dengan suasana seperti itu pada kelas X TSM di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2361
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.