Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2359
Title: Meningkatkan keterampilan berkomunikasi dengan menggunakan tehnik eksplorasi melalui layanan konseling individual pada siswa kelas VII SMP PGRI 3 MEDAN
Authors: Temasmi
Keywords: Layanan Konseling Individual;Keterampilan Berkomunikasi;Tehnik Ekplorasi
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Layanan konseling individual adalah salah satu pemberian bantuan secara perseorangan dan secara langsung. Dalam cara ini pemberian bantuan dilakukan secara face to face relationship (hubungan muka ke muka, atau hubungan empat mata) antara konselor dengan individu yang terjadi ketika seorang konselor bertemu secara pribadi dengan seorang siswa untuk tujuan konseling. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjawab suatu pertanyaan maka penulis mengambil lokasi di SMP PGRI 3 MEDAN, subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan siswa kelas VII 2, sedang objeknya adalah siswa VII 2 berjumlah 4 orang siswa dengan menggunakan purvise sampling. instrument yang dilakukan adalah menggunakan observasi dan wawancara. Dapat disimpulkan bahwa ada layanan konseling individual dengan meningkatkan keterampilan berkomunikasi dengan menggunakan tehnik eksplorasi siswa yang terjadi disekolah maka peneliti melakukan observasi ke sekolah, selajutnya peneliti melakukan wawancara dengan wali kelas dan guru bimbingan dan konseling. Selain itu, peneliti juga melakukan layanan konseling individual pada siswa yang mengalami masalah dalam berkomunikasi dengan memakai tehnik eksplorasi yakni tehnik yang menggalih isi pikiran,perasaan,dan pengalaman siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa di sekolah tersebut sudah diterapkannya layanan konseling individual bidang bimbingan pribadi dengan tehnik ekspolarasi untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa khususnya kelas VII 2 yang terdapat beberapa siswa yang mengalami masalah dalam berkomunikasi
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2359
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.