Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23532
Title: | PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES IPA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 014660 PERK. PADANG PULAU |
Authors: | MIA, APRILLIA. S |
Keywords: | Pengembangan;LKPD;IPA |
Issue Date: | 7-Dec-2023 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis keterampilan proses IPA pada siswa kelas IV di SD Negeri 014660 Perk. Padang Pulau. LKPD disesuaikan dan disusun dengan langkah-langkah berbasis keterampilan proses yang berisikan mengamati, mengelompokkan, menafsirkan, memprediksi, bertanya, berhipotesis, mencoba, dan komunikasikan pada materi sumber energi dan manfaat sumber energi. Pengembangan LKPD dilakukan dengan metode penelitian R&D (Reserch & Develpoment), model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Namun peneliti membatasi pada tahap Evaluasi (Evaluation). Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya. Hasil kelayakan pada LKPD berbasis keterampilan proses yang didapat sangat baik secara keseluruhan. Penilaian validasi ahli materi yaitu 98% dengan kriteria sangat valid. Penilaian validasi bahasa yaitu 97,14% dengan kriteria sangat valid. Dan hasil penilaian validasi desain yaitu 96,84% dengan kriteria sangat valid. Adapun hasil penilaian kepraktisan oleh respon guru yaitu 95,83% dengan kriteria sangat praktis. Dan hasil penilaian kepraktisan oleh respon peserta didik yaitu 97,19% dengan kriteria sangat praktis, sehingga LKPD layak untuk digunakan di Sekolah Dasar (SD). |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23532 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi Mia Aprillia S.pdf | Full Text | 7.69 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.