Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23525
Title: PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI
Authors: FITRIANITA PURBA, SRIWAHYUNI
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division;kemampuan representasi matematis;minat belajar siswa
Issue Date: 13-Nov-2020
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pengetahui : (1) Adanya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan representasi matematis siswa. (2) Adanya Pengaruh Pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap minat belajar siswa. (3) Adanya Pengaruh interaksi antara kemampuan awal siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan representasi matematis siswa. (4) Adanya Pengaruh interaksi antara kemampuan awal siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap minat belajar siswa. Metode Penelitian yang digunakan merupakan penelitian eksperimen dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Labuhan Deli yang terdaftar pada tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari tujuh rombongan belajar dengan jumlah siswa 219 orang. Sedangkan sampel pada penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen XI MIA-2 dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas kontrol XI MIA-1 berjumlah 32 orang. Uji prasyarat analisis dilakukan uji normalitas dengan uji Kolmogorov Smirnov, Uji Homogenitas menggunakan uji Lavene Statistic. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan Analisis Two Way Anova (Analisis Anava Dua Jalur) dengan taraf signifikansi sebesar 5 persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan representasi matematis siswa sebesar 28,5%; (2) terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap minat belajar siswa sebesar 28,8%, (3) terdapat pengaruh interaksi antara kemampuan awal siswa dan model pembelajaran terhadap kemampuan representasi matematis siswa, (4) terdapat pengaruh interaksi antara kemampuan awal siswa dan model pembelajaran terhadap minat belajar matematika siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23525
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS SRIWAHYUNI FITRIANITA PURBA 1620070009.pdf9.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.