Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23524
Title: ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN COVID – 19 DI KUMPARAN.COM, KOMPAS.COM, TEMPO.CO DI ERA PANDEMI
Authors: UTOMO, RAHMAT
Keywords: analisis framing;media;COVID-19
Issue Date: 10-Sep-2021
Abstract: Pandemi COVID-19 di Indonesia bukan hanya menjadi diskursus dalam ranah kesehatan, melainkan juga jadi sajian utama bagi media. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana media massa khususnya Kumparan.Com, Kompas.Com, Tempo.Co melakukan framing atas isu yang berkaitan dengan COVID-19, yang diterbitkan di laman Kumparan.Com, Kompas.Com, Tempo.Co. Adapun objek dalam penelitian ini adalah Kumparan.Com, Kompas.Com, Tempo.Co. yang bentuk pemberitaan disajikan secara online. Peneliti mengambil tiga berita dimasing-masing media dari rentang waktu bulan Januari – Maret 2020. Rentang waktu ini dipilih, untuk menunjukkan dinamika yang muncul dalam pemberitan media seiring ekskalasi krisis COVID-19 yang terus meningkat. Perangkat analisa yang dipakai adalah model analisis framing yang dikembangkan oleh Robert N. Entman. Dengan menggunakan perangkat analisa tersebut, maka bisa disimpulkan hasil penelitiannya adalah, Ketiga media ini lebih banyak mengutip rilis dan siaran pers hubungan masyarakat (humas) kepresidenan tanpa menambahinya dengan konteks yang memadai. Ketiganya memparafrase rilis pemerintah, dan ketiga media tersebut sama-sama mengandalkan narasumber tunggal dan menuliskan kebijakan dari pemerintah tanpa mengkritisinya. Ketiga media tersebut menyajikan pemberitan kepada hal-hal yang tidak signifikan dan substansial padahal seharusnya pemberitaanya bisa dialihkan untuk melakukan proses mitigasi terhadap krisis yang akan segera dihadapi.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23524
Appears in Collections:Master of Communication Science



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.