Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23417
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA DHARMA UTAMA KECAMATAN PEGAJAHAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
Authors: RISKA SARTIKA, DEWI BERUTU
Keywords: Model Pembelajaran Problem Bassed Learning;Hasil Belajar
Issue Date: 23-Sep-2023
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Bassed Learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Permasalahan di dalam penelitian ini merupakan rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas XI-1 yang terdiri dari satu kelas dan jumlah 30 orang siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem bassed learning. Pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil yang diinginkan yaitu menggunakan angket dan tes. Dimana sebelumnya telah diuji untuk validitas, reabilitas, dan uji hipotesis, sehingga dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa mencapai tujuan pembelajaran yang di harapkan dengan menggunakan model pembelajaran problem bassed learning. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan program spss dengan taraf signifikan α=0,05, sehingga diperoleh nilai t hitung sebesar 6,669 dengan t tabel sebesar 1,701. Maka hasil hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem bassed learning terhadap hasil belajar siswa pada materi perhitungan pendapatan nasional pada kelas XI SMA Dharma Utama, Serdang Bedagai.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23417
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RISKA SARTIKA DEWI BERUTU 1902070032.pdfFull Text4.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.