Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23384
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SDN 050592 PADANG BRAHRANG KABUPATEN LANGKAT
Authors: HIKMAYANTI, SINTYA NUR
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together);Berpikir Kreatif
Issue Date: 29-Nov-2023
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN 050592 Padang Brahrang Kabupaten Langkat yang masih tergolong rendah. Guru kelas mengemukakan bahwa masih banyak siswa yang menjawab soal dengan jawaban yang sama persis dengan sesama temannya. Siswa kesulitan saat diberikan permasalahan yang berbeda dari contoh. Serta kurangnya keaktifan atau interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, karena siswa lebih cenderung mendengarkan yang dijelaskan oleh guru. Ketika guru memberi kesempatan untuk bertanya, siswa hanya diam walaupun mereka belum memahami tentang materi yang telah diajarkan. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN 050592 Padang Brahrang Kabupaten Langkat. Penelitian ini dilaksanakan dengan sampel sebanyak 2 kelas yakni kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Pada hasil uji hipotesis yang diperoleh dengan menggunakan uji T dengan taraf signifikan 0,05 dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel maka, H0 diterima jika thitung < ttabel, dan Ha diterima jika thitung > ttabel. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan hasil thitung > ttabel yaitu 2,4033 > 1,997 maka H0 ditolak dan Ha diterima, disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SDN 050592 Padang Brahrang Kabupaten Langkat.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23384
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI TYA Revisi (Sidang).pdfFull Text6.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.