Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23365
Title: PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SHOW AND TELL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI KELAS V SDN 104280 DESA PULAU GAMBAR KAB. SERDANG BEDAGAI
Authors: ARINDA, TASYA AZZAHRA
Keywords: Keterampilan Berbicara;Metode Pembelajaran Show and Tell
Issue Date: 4-Sep-2023
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 104280 Desa Pulau Gambar yang disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yaitu kurang tepatnya guru dalam memilih metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikansi dari penggunaan metode pembelajaran show and tell di kelas V SDN 104280 Desa Pulau Gambar dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran show and tell terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 104280 Desa Pulau Gambar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pengolahan data kuantitatif serta menggunakan teknik total sampling dimana seluruh populasi dapat dijadikan sampel yang berjumlah 37 Siswa. Variabel bebas adalah Metode Pembelajaran Show and Tell, sedangkan variabel terikat yaitu keterampilan berbicara siswa. Proses pengambilan data menggunakan data kelas kontrol dan data kelas eksperimen yang dianalisis menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian dari uji t (Independent Sample T-test) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran show and tell terhadap keterampilan berbicara dengan nilai sig. 2-tailed sebesar 0,002. Berarti 0,002 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran show and Tell terhadap keterampilan berbicara siswa di kelas V SDN 104280 Desa Pulau Gambar.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23365
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_ARINDA TASYA AZZAHRA (20020902034P).pdfFull Text6.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.