Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23306
Title: Efektivitas Layanan informasi Menggunakan Teknik self managemen Untuk Mengurangi prokrastinasi Siswa dalam belajar pada siswa Kelas X MIA Di SMA Muhammadiyah 01 Medan T.A 2022/2023
Authors: Fatanah, Amrina
Keywords: Layanan informasi;teknik Self Managemen;Prokrastinasi Siswa Dalam Belajar
Issue Date: 18-Sep-2023
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Prokrastinasi siswa dalam belajar Pada siswa SMA Muhammadiyah 01 medan. Adapun dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam mengurangi Prokrastinsi siswa dalam belajar pada siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan informasi menggunakan Teknik self managemen. Sedangkan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan layanan informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Muhammadiyah 01 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa untuk mengetahui prokrastinasi siswa dalam belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memiliki prokrastinasi dalam belajar yang tinggi sehingga ketidak mampuan siswa dalam mengendalikan waktu saat belajar terutama dilingkungansekolah dan pada saat belajar. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon SignedRanks Test dan uji analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan antara lain: (1) terdapat perbedaan yang signifikan prokrastinasi siswa dalam belajar pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan informasi menggunakan teknik self managemen. (2) terdapat perbedaan yang signifikan prokrastinasi siswa dalam belajar pada kelompok kontrol sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan informasi. (3) terdapat perbedaan yang signifikan prokrastinasi siswa dalam belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan(treatment). Dengan demikian layanan informasi menggunakan teknik self management untuk menggurangi prokrastinasi siswa dalam belajar efektif dilakukan di SMA Muhammadiyah 01 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23306
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AMRINA FATANAH.pdf6.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.