Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23297
Title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LOKAL BERBASIS BUDAYA MELAYU DELI DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 09 MEDAN
Authors: -, KHAIRANI
Keywords: Bahan ajar;Berbasis Budaya
Issue Date: 28-Nov-2023
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan suatu produk berupa bahan ajar lokal berbasis budaya Melayu Deli pada pembelajaran IPS kelas IV siswa SD Muhammadiyah 09 Medan. Penelitian ini dilatar belakangi guru masih menggunakan bahan ajar yang bermodalkan buku siswa atau buku mata pelajaran, kurangnya pemahaman siswa tehadap kebudayaan Melayu Deli, keterbatasan kurangnya inovasi pengembangan bahan ajar di sekolah dan minimnya bahan ajar lokal berbasis budaya pada sekolah dasar. Dalam pembelajaran IPS guru tidak ada mengaitkan pembelajaran kebudayaan Melayu Deli, maka dikembangakan bahan ajar lokal berbasis Budaya Melayu Deli sebagai pendamping buku guru dan buku siswa Pengembangan bahan ajar lokal berbasis budaya Melayu Deli ini bertujuan untuk menambah kearagaman bahan ajar di dalam pembelajaran dan agar menambah pengetahuan siswa terhadap kebudayaan Melayu Deli. Pada penelitian ini, peneliti memilih menggunakan model ADDIE. Model ini merupakan singkatan dari Analisis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan satu kelas yang berjumlah 23 orang siswa kelas IV SD Muhammadiyah 09 Medan, Sidorame Timur, Kec. Medan Perjuangan, Kota Medan, Sumatera Utara. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket yang terdiri dari angket validasi untuk 3 ahli dan angket kepraktisan untuk peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan bahan ajar valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan memperoleh nilai rata-rata 90% . Kategori sangat valid berdasarkan validator materi, nilai 85%, kategori sangat valid berdasarkan validator desain bahan ajar dan nilai 99%, kategori sangat valid berdasarkan validator bahasa, nilai 97%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahan ajar layak digunakan berdasarkan niai yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan dan respoin pendidik dengan nilai rata-rata 90% kategori sangat valid
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23297
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI - KHAIRANI (1902090301).pdfFull Text9.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.