Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2328
Title: Meningkatkan Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan Dengan Siswa Yang Berbeda Agama Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Pelita
Authors: Zulidar, Dwi Fakhrina
Keywords: Kemampuan Relasi Pertemanan;Layanan Bimbingan Kelompok
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Permasalahan yang di bahas dalam penelitian ini adalah mengenai, Meningkatkan Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan Dengan Siswa Yang Berbeda Agama Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Pelita Tahun Pembelajaran 2017/2018, berdasarkan hasil penelitian dan observasi yang peneliti lakukan terlihat masih ada beberapa siswa yang kurang menghargai dengan teman yang berbeda agama, siswa juga tidak mau berteman dengan antar siswa karena berlainan agama karena fanatik, sering terjadi ejekan dan menyebabkan perkelahian antar agama. Masih ada siswa yang kurang memahami bimbingan dan konseling yang ada di sekolah, terutama mengenai diskusi, kurangnya pelaksanaan bimbingan dan konseling terutama pelaksanaan bimbingan kelompok di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Peningkatan Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan Dengan Siswa Yang Berbeda Agama Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Pelita Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dengan menggunakan teknik diskusi kelompok. Fungsi dalam penelitian ini adalah agar siswa dapat mempererat, hubungan pertemanan, dan dapat saling menghargai, dan juga bagi sekolah dapat melaksanakan layanan bimbingan konseling di sekolah dengan baik, terutama layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian Tindak Layanan dengan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti bekerja sama dengan guru BK, Objek dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Swasta Pelita, yang memiliki masalah kurangnya kemampuan menjalin relasi pertemanan, dengan siswa yang beragama non-muslim yaitu berjumlah 6 orang siswa dan peneliti siswa muslim 4 orang siswa, jadi jumlah objek keseluruhan adalah 10 orang siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan menjalin relasi pertemanan dengan siswa yang berbeda agama melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII, sudah tampak pada perubahan sikap yang saling menghargai, dan pergi kekantin bareng dengan teman yang berbeda agama di SMP Swasta Pelita Medan tahun pembelajaran 2017/2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2328
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.