Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23260
Title: EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-REGULATED LEARNING UNTUK MEREDUKSI ACADEMIC BURNOUT PADA SISWA KELAS X SMK YPK MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023
Authors: PUTRI, GIRNA DELISKA
Keywords: Bimbingan Kelompok;Teknik Self-Regulated Learning;Academic Burnout
Issue Date: 28-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran academic burnout pada siswa SMK YPK Medan. Adapun dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam mereduksi academic burnout pada siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self-regulated learning. Sedangkan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP SMK YPK Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa yang mengalami academic burnout. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang mengalami academic burnout ditinjau dari beberapa indikator antara lain kelelahan fisik, keletihan emosional, perasaan rendah diri, depersonalisasi, dan menurunnya keyakinan akademik. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan antara lain: (1) terdapat perbedaan yang signifikan academic burnout siswa pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self-regulated learning. (2) terdapat perbedaan yang signifikan academic burnout siswa pada kelompok kontrol sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan bimbingan kelompok. (3) terdapat perbedaan yang sidnifikan academic burnout siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan (treatment).
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23260
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Revisi Skripsi Girna.pdfFull Text6.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.