Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23257
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI Di SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.A 2022/2023
Authors: RAMADANI, TASYAH
Keywords: Discovery Learning;Hasil Belajar;Akuntansi
Issue Date: 28-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi menganalisis dokumen sumber dan dokumen pendukung pada perusahaan dagang di kelas XI Akuntansi SMK Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Adapun yang menjadi sampel yaitu kelas XI Akl 1 sebanyak 33 siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji paired simple test dengan uji beda. Hasil dari penelitian ini yaitu : hasil pretest yang telah diperoleh dari kelas XI Akl 1 SMK Swasta Budi Agung Medan dengan nilai rata-rata sebesar 61,81% dan nilai posttest dengan nilai rata-rata yaitu 80,15%. Perhitungan pada uji-t pada pretest thitung 75,091 > ttabel 46,754 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata pada pretest dan posttest. Kenaikan pada pretest dan posttest sebesar 18,34 yang berarti (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Swasta Budi Agung Medan T.A 2022/2023
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23257
Appears in Collections:Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI TASYAH RAMADANI.pdfFull Text5.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.