Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran
discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi menganalisis dokumen
sumber dan dokumen pendukung pada perusahaan dagang di kelas XI Akuntansi
SMK Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Adapun populasi dalam
penelitian ini yaitu berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Adapun yang menjadi sampel yaitu
kelas XI Akl 1 sebanyak 33 siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif
dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji paired
simple test dengan uji beda. Hasil dari penelitian ini yaitu : hasil pretest yang telah
diperoleh dari kelas XI Akl 1 SMK Swasta Budi Agung Medan dengan nilai rata-rata
sebesar 61,81% dan nilai posttest dengan nilai rata-rata yaitu 80,15%. Perhitungan
pada uji-t pada pretest thitung 75,091 > ttabel 46,754 yang artinya terdapat perbedaan
rata-rata pada pretest dan posttest. Kenaikan pada pretest dan posttest sebesar 18,34
yang berarti (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil
belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Swasta Budi Agung Medan T.A 2022/2023