Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23239
Title: PEGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BERITA PERISTIWA MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SD NEGERI 017 TAMBUSAI UTARA 2022/2023
Authors: RITONGA, EKA YANTI
Keywords: Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berita Peristiwa Multikultural Dengan Pendekatan Kontekstual
Issue Date: 28-Nov-2023
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kurang berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada pada materi karena siswa dituntut untuk memahami materi, untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa, peneliti melakukan pengembangan bahan ajar berbasis modul ajar dengan pendekatan kontestual. Peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar siswa dengan pendekatan kontestual pada materi berita kelas V SD 017 Tambusai Utara dengan kriteria layak dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2023 – April 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 017 Tambusai Ut koara Sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa hasil validasi ahli materi sebesar 97,3%. Validasi ahli media sebesar 85%. Dan validasi ahli bahasa sebesar 95 % . Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa sehingga tergolong dalam kriteria valid. Persentase angket respon guru sebesar 91,4% (sangat praktis). Dengan demikian, Pengembangan bahan ajar menulis berita dengan pendekatan kontestual memenuhi kriteria.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23239
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI EKA YANTI RITONGA.pdfFull Text2.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.