Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23236
Title: ANALISIS SISTEM MANAJEMEN FUNDRAISING ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) KOTA MEDAN
Authors: ASY, SYADDAD
Keywords: Manajemen;Fundraising;Zakat Infaq Shadaqah (ZIS)
Issue Date: 22-Aug-2023
Abstract: Fundraising merupakan suatu upaya atau proses kegiatan dalam rangka menghimpun dana Zakat Infaq Shadaqah (ZIS) serta sumber daya lainnya darimasyarakat baik individu, kelompok, organisasi dan perusahaan yang akan disalurkandan didayagunakan untuk mustahiq, Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana praktek fundraisingZakat Infaq Shadaqah (ZIS) di Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah(LAZISMU) Medan? (2) Bagaimana manajemen dan sistem kerja fundraising Zakat Infaq Shadaqah(ZIS) yang diterapkan di Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah(LAZISMU) Medan?Tujuan penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui praktek fundraising Zakat Infaq Shadaqah (ZIS) di Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah(LAZISMU) Medan. (2) Mengetahui manajemen dan sistem kerja fundraising Zakat Infaq Shadaqah(ZIS) yang diterapkan di Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah(LAZISMU) Medan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif,penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi,analisis data menggunakan analisis deskriptif, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fundraising Zakat Infaq Shadaqah (ZIS) Lembaga Amil zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Medan dengan menggunakan 2 metode yaitu fundraising konvensional sifatnya langsung bersentuhan dengan Masyarakat dan kita melakukan penjemputan ZIS langsung door to door ke rumah ataupun ketempat tempat yang sudah disepakati oleh donatur, selanjutnya itu ada Fundraising modern nah itu fundraising modern ini lebih kepada fundraising yang bersifatnya digital jadi fundraising digital itu melalui kanal media sosial seluruh media sosial yang ada dengan cara image campaign dan melaui media sosial (WhatsApp, facebook, instagram, twitter, youtube).
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23236
Appears in Collections:Sharia Management Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ASY SYADDAD 1901280056.pdfFull Text5.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.