Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23230
Title: PENERAPAN MEDIA KARTU PERAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 20 MEDAN T.A 2022/2023
Authors: PUSPITA, T.WINDA
Keywords: Penerapan Media Kartu Peran;Keterampilan Menulis
Issue Date: 28-Nov-2023
Abstract: Peneliti ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam menulis cerita, tidak adanya minat belajar siswa dalam menulis, tidak adanya media pembelajaran, bagian dari keterampilan menulis yaitu menulis karangan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media kartu peran dalam meningkatkan keterampilan menulis pada materi karangan narasi mata pelajaran bahasa indonesia di kelas IV SD Muhammadiyah 20 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 20 Medan di Jalan Gedung Arca Gang Persatuan . Waktu penelitian diadakan pada bulan Februari 2022. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 20 Medan sebanyak 23 orang siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan media kartu peran dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi di kelas IV SD Muhammadiyah 20 Medan. Instrumen Pengumpulan Data menggunakan Observasi. Teknik Analisis Data yang digunakan ialah Analisis Aktivitas Guru dan Analisis Aktivitas Siswa. Adapun Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil keterampilan menulis siswa pada siklus I yang tuntas sebanyak 61 %. Hasil keterampilan menulis siswa pada siklus II yang tuntas sebanyak 87 %. Analisis Aktivitas Guru pada siklus I sebanyak 80 dengan kriteria B (Baik). Analisis Aktivitas Guru Pada siklus II sebanyak 90 dengan kriteria A (Amat Baik). Analisis Aktivitas Siswa pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dengan persentase 52,2 %. Analisis Siswa pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa dengan persentase 86,9 %. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan dari keterampilan menulis, analisis aktivitas guru, maupun analisis aktivitas siswa
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23230
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI T. WINDA PUSPITA.pdfFull Text1.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.