Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2323
Title: Meningkatkan Keterbukaan Diri dalam Mengemukakan Pendapat Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 24 Medan
Authors: Yulnizar, Andani
Keywords: Keterbukaan Diri;Layanan Bimbingan Kelompok
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Keterbukaan diri merupakan penyampaian informasi kepada orang lain, tentang perasaan yang dialami, dirasakan atau disaksikan. Kurangnya keterbukaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat jika tidak segera ditangani maka dikhawatirkan akan berdampak pada interaksi sosialnya, sehingga siswa tidak dapat mengembangkan potensinya dengan optimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterbukaan diri dalam mengemukakan pendapat siswa setelah mengikuti bimbingan kelompok di SMP Negeri 24 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018, yang beralamat Jln. Bangunan/Metal Tanjung Mulia Medan, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan Provinsi Sumatera Utara, Kode Pos : 20241. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX-C yang berjumlah 40 siswa. Objek yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah mereduksi data, penyajian data, membuat kesimpulan. Teknik analisis persentase juga dipergunakan dalam penelitian ini untuk menghitung peningkatan keterbukaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat. Hasil penelitian yang diperoleh, tingkat keterbukaan diri dalam mengemukakan pendapat sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok tergolong dalam kategori rendah dengan persentase 45,62%. Setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok meningkat menjadi 82,62% dalam kategori tinggi. Dengan hasil tersebut membuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok sangat efektif dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2323
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.