Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23172
Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL OLEH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 |
Authors: | PAGAN, ENDANG SARI |
Keywords: | Model Pembelajaran Modelling The Way;Kemampuan Menulis Teks Fabel. |
Issue Date: | 27-Nov-2023 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Modelling The Way terhadap kemampuan menulis teks fabel oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas VII-2 yang berjumlah 22 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa dalam menulis teks fabel sebelum menggunakan model pembelajaran Modelling The Way rata-rata 64,31 termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks fabel sesudah menggunakan model pembelajaran Modelling The Way rata-rata 76,81 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui dari nilai thitung > ttabel yaitu 5,27 > 1,72 dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Modelling The Way terhadap kemampuan menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023 |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23172 |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI ENDANG SARI PAGAN.pdf | Full Text | 4.31 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.