Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Modelling The Way terhadap kemampuan menulis teks fabel oleh siswa kelas VII
SMP Muhammadiyah 7 Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Medan.
Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas VII-2 yang berjumlah 22 siswa.
Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group
pretest posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur
keberhasilan model ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian
kemampuan siswa dalam menulis teks fabel sebelum menggunakan model
pembelajaran Modelling The Way rata-rata 64,31 termasuk dalam kategori cukup.
Sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks fabel sesudah menggunakan
model pembelajaran Modelling The Way rata-rata 76,81 termasuk dalam kategori
baik. Berdasarkan uji t diketahui dari nilai thitung > ttabel yaitu 5,27 > 1,72
dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Modelling
The Way terhadap kemampuan menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah 7 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023