Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23158
Title: PENGARUH TEKNIK MODELING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN CITRA DIRI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 16 LUBUK PAKAM T.A 2022/2023
Authors: BADRI, NURMAYA
Keywords: Teknik Modeling;Bimbingan Kelompok
Issue Date: 27-Nov-2023
Abstract: Permasalahan terkait citra diri sering terjadi di kalangan remaja yaitu tingkat pendidikan SMP. Siswa pada tahap remaja pada permasalahan Citra diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik modeling melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan citra diri siswa di SMP Muhammadiyah 16 lubuk pakam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen yaitu one group pretest dan posttest design melalui pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII dan kelas VIII yang berjumlah 63 siswa SMP Muhammadiyah 16 lubuk pakam, dan sampel berjumlah 10 siswa yang berada pada kelas VII ditentukan dengan menggunakan teknik sampling purposive. Penggunaan instrumen dalam penelitian ini berupa pengumpulan data melalui observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra diri siswa sebelum diberikan perlakuan (pre-test) cenderung rendah dengan skor rata-rata 33,75. Setelah diberikan perlakuan (post-test) citra diri siswa cenderung meningkat dengan skor rata-rata 80,75 dari hasil perhitungan melalui bantuan SPSS versi 26. Terdapat kriteria tolak Ho dan terima Ha apabila probabilitas (sig. 2 tailed) < α, (α = 0,05), hasil menunjukkan angka probabilitas (sig-2 tailed) siswa sebesar (0,000) atau probabilitas dibawah alpha 0,05 (0,000 < 0.05), Dari hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Demikian dengan kata lain layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling berpengaruh untuk meningkatkan citra diri siswa
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23158
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PEMBARUAN FULL SKRIPSI MAYA-4.pdfFull Text2.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.