Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23143
Title: Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Pada Siswa Kelas X Sman 1 Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2022/2023
Authors: Ramadani, Fitria
Keywords: PJBL, Teks Biografi, Kemampuan Menulis.
Issue Date: 27-Nov-2023
Abstract: Pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 adalah pelajaran berbasis teks. Pembelajaran menulis teks biografi merupakan salah satu materi yang diajarkan pada mata pelajaran bahasa Indonesia, maka pembelajaran menulis teks biografi menjadi salah satu teks yang dipelajari dan diharapkan dapat mencapai kompetensi siswa secara tuntas dan maksimal. Berdasarkan observasi awal terhadap proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMAN 1 Hamparan Perak, melihat hasil belajar tidak sesuai dengan standar dan KKM pembelajaran yang diharapkan. Karena rendahnya keterampilan peserta didik dalam menulis teks biografi disebabkan oleh faktor internal peserta didik yang menganggap sulit pembelajaran menulis teks biografi, terutama dalam hal memunculkan ide dan pembentukan struktur kalimat terdapat juga permasalahan yang berkaitan dengan penguasaan penguasaan kosakata yang masih kurang terindikasi dari sulitnya siswa memilih padahal kata yang cocok untuk merangkai suatu kalimat menjadi paragraph yang utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model project based learning terhadap kemampuan menulis teks biografi oleh siswa kelas X SMAN 1 Hamparan Perak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas X 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 70 siswa, 35 siswa kelas eskperimen 35 siswa kelas kontrol. Objek yang diteliti adalah penggunaan model project based learning terhadap kemampuan menulis teks biografi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil analisis uji statistik penelitian ini telah menjawab hipotesis yakni: memperoleh nilai rata-rata perbedaan antara posttest kelas kontrol dengan rata-rata 77,71 (sebelum diberikan treatment) dengan nilai postest kelas eksperimen dengan rata-rata 86,11 (sesudah diberikan treatment) yaitu Asym.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima” artinya ada perbedaan dari sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran project based learning dalam kegiatan menulis teks biografi oleh siswa SMAN 1 Hamparan Perak.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23143
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FITRIA REV 1.1[1]-1.pdf4.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.