Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23098
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Authors: SYAWAL, SHIFA SYAFIRA
Keywords: Aplikasi Kahoot;Problem Based Learning
Issue Date: 27-Nov-2023
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan aplikasi kahoot terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan untuk mengetahui berapa persen pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan aplikasi kahoot terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksprimen semu (quasi expremental) dengan desain one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 9 Klambir lima. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-3 yang berjumlah 26 siswa dengan melibatkan dua kali pengukuran yaitu pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan aplikasi kahoot. Instrumen penelitian ini menggunakan soal pilihan berganda tentang materi lingkaran yang berjumlah 15 setelah divalidkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis. Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung (3,5742) setelah dibandingkan dengan ttabel (2,0086), ternyata thitung (3,5742) > ttabel (2,0086) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan aplikasi kahoot terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan terdapat 93,36% pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan aplikasi kahoot terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23098
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SHIFA SYAFIRA SYAWAL (1902030023).pdfFull Text7.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.